Tugas 1 semiotika pada objek yang ada disekitar kita

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Syalom, Oom Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan.



    dalam tugas kali ini saya akan mengkaji sebuah objek atau benda yang  ada di sekitar saya yaitu  sebuah "Dream Catcher" dengan menggunakan  teori dari semiotika, sebelum memulai mengkaji objek dengan pembahasan ada kalanya saya akan menjelaskan apa itu semiotika.

    Apa itu semiotika? semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut.dan semiotika memiliki 3 cabang yang berbeda 
1. Semantik: meneliti hubungan tanda-tanda terhadap designatnya,atau lebih tepatnya hubungan antara tanda dengan objek-objek yang dirujuknya atau yang dapat dirujuknya (Morris, 1946: 326). atau bisa disebut  hubungan antara objek dengan tanda
2. Sintaksis: suatu cabang penyelidikan semiotika yang mengkaji “hubungan formal di antara satu tanda dengan tanda-tanda yang lain”.atau hubungan objek dengan konsep
3. Pragmatik:  suatu cabang penyelidikan semiotika yang mempelajari “hubungan di antara tanda-tanda dengan interpreter-interpreter atau para pemakainya” atau hubungan konsep dengan tanda

    saya akan menjelaskan objek yang saya gunakan. apa itu dream catcher? dream catcher merupakan alat yang dipercaya oleh masyarakat asli amerika sebagai penangkap mimpi indah dan menghalau mimpi buruk. lalu mengapa objek ini istimewa bagi saya? karena ini merupakan pemberian dari salah satu teman baik saya, dia membelikan "Dream Catcher" untuk saya saat kita sedang study tour ke Yogyakarta, saya sangat menghargai benda yang deberikan dia dan pastinya saya sangat senang karena ini juga merupakan hadiah pertama darinya, kadang sulit dipercaya dia memberikan hadiah kepada saya tapi kenyataan berkata lain dan moment saat dia memberikan "Dream Catcher" kepada saya  sangatlah haru dan juga penuh dengan tawa. namun setelah lulus sekolah kami jadi jarang bertemu namun masih berkomunikasi satu sama lain walaupun hanya menanyakan kabar, Dream catcher yang diberikan nya pun masih saya simpan dengan baik di kamar dan setiap saya menatap Dream Catcher tersebut saya mengingat moment antara saya dan teman baik saya, terutama moment saat dia memberikan hadiah tersebut.

     "Dream catcher tersebut sangat penting menurut saya karena pemberian teman baik" menurut daya ini mertupakan sebuah semantik, dan moment haru dan penuh tawa saat dia memberikan Dream Catcher kepada saya adalah sebuah sintaksi, sedangkan untuk pragmitik  ketika saya menatap Dream Cather tersebut sebelum tidur saya selalu mengingat teman baik saya dan moment saat itu.
    
 sekian kajian objek yang saya buat, dan mohon maaf bila ada kesalahan, Terima kasih yang telah meluangkan waktu untuk membaca dan melihat tulisan saya sampai selesai, semoga kalian diberikan kesehatan selalu.

see ya~   





    
    

Komentar

Postingan Populer