Tugas 3: Literature Review pada Objek Desain


 Jurnal 1

Judul: REPRESENTASI ISU PERBEDAAN AGAMA DALAM FILM CINTA TAPI BEDA (2012): KAJIAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE

Objek: karya 

Pendekatan/Metode: menggukan metode penelitian deskriptif kulitatif

Analisis: analisis menggunakan semiotika ferdinand de saussure merepresentasikan isu isu perbedaan agama dengan menganalisis simbol dan data

Kesimpulan: setiap simbol dan data memiliki makna 


Jurnal 2

Judul: Makna Musik Instrumental Dalam Film Horor Danur: I can see ghost Dalam Kajian Semiotika

Objek: instrumen musik pada film danur  I can see ghost 

Pendekatan/Metode: menggukan metode penelitian deskriptif kulitatif melalui hasil wawancara, observasi dan kajian pustaka.

Analisis: analisis dilakukan secara bertahap dengan cuplikan dan dianalisis komposisinya.

Kesimpulan: di dalam adegan film Danur: I Can See Ghost, tanda yang terdapat pada adegan merupakan suatu visual yang dapat dilihat dan memberikan suatu pesan dapat mempengaruhi suasana latar,seting tempat, dan setting waktu yang memberikan makna kepada penonton menjadi takut ketika menonton film Danur: I Can See Ghost n


Jurnal 3

Judul: ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE SEBAGAI REPRESENTASI NILAI KEMANUSIAAN DALAM FILM THE CALL

Objek: film

Pendekatan/Metode: Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika

Analisis: analisis semiotika Ferdinand De Saussure, terdapat representasi nilai kemanusiaan melalui adegan, dialog dan setting. Adapun nilai kemanusiaan yang tampak pada film The Call ini adalah (1) Kepedulian terhadap sesama manusia (2) Rela berkorban demi keselamatan masyarakat (3) Tolong-menolong bekerja sama di tengah kesulitan (4) Menempatkan kepentingan masyarakyat di atas kepentingan pribadi.

Kesimpulan: maka pada penanda dan petanda yang akan di bahas pada film  adalah pada potongan-potongan scene yang sudah di pilih oleh peneliti. Nilai kemanusiaan direpresentasikan melalui adegan, dialog dan setting. penanda: gambaran tentang seorang operator darurat yang dituntut untuk bisa menyelamatkan masyarakatnya yang membutuhkan pertolongan dengan segala macam solusi.



 


pada analisis objek desain saya menggunakan poster kemerdekaan yang saya buat pada tahun 2020 di hut RI ke 75 dengan tema semangat kemerdekaan, poster ini berkesan bagi saya karena ini merupakan lomba poster pertama untuk saya.

Judul: poster kemerdekaan RI ke75

Objek: poster

Pendekatan/Metode: menggukan metode penelitian kulitatif

Analisis: analisis menggunakan semiotika ferdinand de saussure merepresentasikan unsur kemerdekaan di masa pandemi, dengan mencari data yang terkait sesuai tema yang ditetapkan .

Kesimpulan: kesimpulan poster ini sangat berharga sebagi penanda hasil desain pertama saya yang dikut sertakan pada lomba yang menggunakan tema semangat kemerdekaan di masa pandemi yang dimana tokoh dalam poster tersebut menggunakan masker.



Komentar

Postingan Populer